How to Pick Right Foundie & Review: Maybelline Dream Matte Mousse Foundation

Bermain-main dengan makeup memang seru, bisa coba berbagai macam bentuk dan tema makeup. Tetapi untuk menggunakan full makeup keluar rumah? Hanya pada saat very special occasion aja kali ya. Akhirnya saya yang sudah kehabisan foundation dan highlight mengalah, untuk membeli foundation lagi karena belakangan banyak undangan ke pernikahan---nya teman-teman. Kalau untuk aktivitas harian saya prefer menggunakan BB Cream yang memang harus touch up setiap sehabis berwudhu. 

Setelah sebelumnya setia menggunakan liquid foundation, saya memutuskan untuk menggunakan foundation yang padat yang saya sesuaikan dengan jenis kulit wajah saya, akhirnya memutuskan memilih matte foundation. Bagaimana cara menentukan memilih foundation untuk wajah? Mari kita klasifikasikan jenis foundation yang paling banyak bisa kita temukan di pasaran.

1. Liquid Foundation
Fondie jenis ini paling sering ditemukan dan paling banyak digunakan untuk aktivitas sehari-hari karena berbahan dasar air sehingga terlihat ringan di wajah, namun lebih menutup ketidaksempurnaan warna kulit di wajah daripada BB Cream. Jangan salah, liquid fondie ini selain berbahan dasar air yang cocok untuk kulit berminyak karena menimbulkan efek segar, ada juga yang berbahan dasar minyak sehingga lebih cocok untuk kulit yang kering. Intinya supaya makeup kita tidak pecah setelah ditaburi bedak.

2. Cream Foundation
Fondie jenis ini lebih creamy dan lembut. Cocok untuk jenis kulit yang kering karena akan memperhalus tekstur wajah saat dan memberi kesan lembut dan segar. Kalau kulitnya berminyak sebaiknya jangan mennggunakan creamy fondie karena nantinya malah akan menjadi kilang minyak. 

3. Compact Powder
Sebenarnya ini bukan sepenuhnya foundation, tetapi foundation dalam bedak. Jadi dalam bedak sudah terdapat foundationnya. Praktis kan untuk touch up kilat? Tapi tidak direkomendasikan untuk kondangan atau special occasion lainnya, ya. 

4. Two Way Cake
Kurang lebih fungsinya sala dengan compact powder, bedak yang sudah memiliki foundation di dalamnya. Perbedaannya seperti namanya Two Way Cake, bisa memiliki dua bentuk, yaitu menggunakan spons basah untuk menimbulkan bedak krim dan menggunakan spons kering untuk menimbulkan efek bedak padat.

5. Mousse Fondation.
Fondie jenis ini memilik tekstur yang lembuuuut seperti spons serta tidak lengket. Daya tutup yang dimilikinya maksimal. Cocok untuk semua jenis kulit terutama untuk kulit yang sedang terdapat beruntus atau jerawat batu kecil-kecil juga untuk kulit yang sudah mengalami penuaan, karena teksturnya yang creamy tidak membuat kesan pecah dan menggumpal pada bagian yang terdapat keriput. Cocok untuk semua jenis kulit.

6. Stick Foundation
Stick fondie ini jelaslah dari namanya, fondie yang berbentuk stick. Nah, fondie ini cocok untuk kulit kering-normal. Bisa juga digunakan sebagai counselor lho walau daya tutup dan teksturnya jelas berbeda. 

7. Matte Foundation
Foundie jenis ini memiliki sifat yang cepat kering karenanya cocok untuk jenis kulit berminyak sehingga tidak menimbulkan kesan mengkilap, tetapi lebih halus dan matte.

Sedikitnya itu jenis fondie yang bisa banyak kita temukan di pasaran. Nah, setelah cek ricek beberapa produk foundation yang mudah saya temukan karena counternya tersedia di mall-mall (ketahuan orangnya ga mau ribet purchase online), seperti Wardah, Revlon, Colorstay, Maybelline, NYX, Martha Tilaar, dan Lit Two, saya memutuskan memilih Maybelline yang memiliki Foundation Matte-Mousse.



Saya berangkat mencarinya dan memutuskan untuk membeli Maybelline Dream Matte Mousse dengan warna Sandy Beige Medium 1, 18gr. Terdapat 2 level warna di atasnya yang lebih cerah dan 1 level warna di bawahnya yang lebih gelap. Cara pemakaiannya? Saya pikir sudah pada paham, aplikasikan pada wajah yang sudah bersih, karena matte foundie ini cepat sekali keringnya, sebaiknya tidak terlalu lama dalam penerapannya pada wajah karena akan menggumpal dan membuat warna tidak rata. 



Ingat, foundation apalagi untuk sehari-hari bukan untuk membuat topeng tepung pada wajah, tetapi untuk meratakan warna kurang sempurna pada wajah. Jadi penting banget untuk hati-hati dalam pemilihan jenis dan terutama warna. Salah beli terlalu terang malah jadi topeng, salah beli terlalu gelap wajah malah terkesan kusam. 

Kelebihan:

* Memberikan kesan matte
** Tidak mengkilap
*** Tahan lama 6 jam tanpa touch up
**** Cukup water proof
***** Tidak memberikan efek pecah
****** Handy

Kekurangan:

* Cepat kering sehingga harus cepat saat eksekusi

Repurchase? I guess so...

Harga? Rp. 95.000,- /Februari 2015 di counter Maybelline yang tersedia di Mall.

1 komentar

  1. Saya sempet coba foundation maybelline yang tube tapi kurang nutup.

    ReplyDelete